SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER PENGGUNAAN MULTIMEDIADALAM PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Sejarah Perkembangan Komputer

    Perkembangan computer diawali dengan kebutuhan manusia untuk yang dapat berkerja secara tepat, misalnya dalam bidang administrasi perkantoran,definisi komputer menyebutkan bahwa computer adalah alat penghitung otomatik, maka dimulailah era computer. Perkembangan dalam teknologi computer hingga saat ini mengalami proses yang sangat panjang. Berikut beberapa ulasan tentang seajarh perkembangan computer yaitu:

  • Generasi Pertama

    Pada tahun 1941 konrand zuse yaitu seorang insyinyur jerman yang membangun sebuah computer z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Computer pada generasi pertama ini diklarifikasikan dengan beberapa fakta bahwa instruksi operasi yang dibuat secara spasifik untuk suatu terntu, setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut dengan bahasa mesin. Hal ini menyebabkna computer sulit untuk deprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain computer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum dan silinder mangnetik untuk menyimpan data.

  • Generasi Kedua

    Pada tahun 1948 penemuan tranistor sangat ,mempengaruhi perkembangan computer, transisitor menggantikan tube vakum ditelevisi, radio dan computer. Akibat ukuran mesin mesin elektrik yang berkurang drastic. Transistor mulai digunakan didalam computer mulai tahun 1956. Penemuan yang lain berupa pengembangan inti mangnetik yang membatu pengembangan computer generasi kedua yang sangat kecil,lebih cepat dan lebih dapat diandalkan, dan tentunya juga menghemat energi.

  • Generasi Ketiga

    Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

  • Generasi Keempat

    Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980- an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroproses.

  • Generasi Kelima

    Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi - fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.

Manfaat Komputer Dalam Sistem Inovasi Manajemen Pendidikan

    Manfaat komputer dalam sistem inofasi manajemen pendidikan sangat berperan dalam hal pengelolaan sekolah atau dalam manajemen sekolah. Manfaat ini tentunya dapat dirasakan oleh seluruh stakeholders yang terkaitdengan sekolah. Manfaat tersebut antara lain :

  • Manfaat Bagi Sekolah

    Membantu sekolah memperbaiki sistem manajemen dan operasionalnya, membantu sekolah dalam hal penyaluran informasi mengenai profil sekolah dan hasil belajar siswa kepada orang tua dan stakeholder lainnya, membantu sekolah untuk menyediakan sumber informasi yang mutakhir dan relevan bagi guru dan siswa.

  • Manfaat Bagi Guru

    Membuka peluang bagi guru untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, menarik, inovatif dan merangsang rasa ingin tahu siswa, membantu guru untuk menyusun rencana pembelajaran termasuk penyediaan sumber belajar multimedia yang komprehensif dan mutakhir, memudahkan guru untuk memantau kemajuan belajar siswa, memfasilitasi guru untuk menyusun laporan dan mengkomunikasikannya dengan orang tua, membantu guru untuk melakukan penilaian hasil belajar berdasarkan authentic assessment.

  • Manfaat Bagi Orang Tua

  Memantau aktivitas dan hasil belajar anaknya di sekolah, melihat tugas-tugas dari sekolah yang diberikan kepada anak sehingga orang tua dapat berperan serta dalam kegiatan belajar anak, melihat berbagai program sekolah yang dapat diikuti oleh siswa, menjadi media interaktif antara sekolah, guru dan orang tua, dan membantu pemantuaan proses pendidikan secara lansung.

  • Manfaat Bagi Siswa

  Membantu siswa untuk terampil menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupannya, membantu siswa untuk melihat dan menelaah materi belajar per pertemuan, membantu siswa untuk mengerjakan tugas-tugas dan ujian yang diberikan oleh guru secara online, membantu siswa membangun kerja kolaboratif, memotivasi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan seiring dengan kemajuan di bidang sains dan teknologi.

  • Manfaat Bagi Komite sekolah

    Memudahkan pengurus komite untuk memantau dan mengevaluasi program pendidikan di sekolah, memudahkan pengurus komite untuk berkomunikasi dengan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah, memudahkan pengurus komite untuk terlibat dalam menyusun dan merancang program pengembangan pengelolaan sekolah dan peningkatan mutu pembelajaran.

Komentar

Postingan Populer