DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRASAH

  1. Dampak Positif 
  • Munculnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan
Hal ini berarti guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru
Dengan kemajuan teknologi, terciptalah metode-metode baru yang membuat peserta didik mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut-dengan bantuan teknologi-dapat dibuat secara abstrak dan menarik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.
  • Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka
Dengan adanya berbagai aplikasi video conference, pembelajaran yang disampaikan tidak harus secara  tatap muka langsung.
  • Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi
Dengan berkembangnya IPTEK, semua tugas yang sebelumnya dikerjakan dengan cara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan.
  • Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat
Di dunia pendidikan, tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, contohnya adalah penggandaan soal ujian. Dengan adanya mesin fotocopy, kita bisa menggandakan kertas dengan mudah.
  1. Dampak Negatif
  • E-learning yang dapat menyebabkan pengalihfungsian guru
Dengan adanya sumber belajar yang banyak tersedia di internet, peserta didik dapat mencari ilmu di internet. Sehingga dapat menggeser fungsi guru sebagai pengajar pelajaran.
  • Seringnya mengakses internet dikhawatirkan peserta didik tidak memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal
Bukannya benar-benar memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal, tetapi malah mengakses hal-hal yang tidak baik seperti pornografi dan game online.
  • Peserta didik bisa terkena information overload
Dengan sangat banyaknya informasi yang tersedia di internet, membuat peserta didik rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir informasi yang ada
  • Peserta didik bisa menjadi pecandu keberadaan dunia maya (jadi anti sosial)
Hal ini bisa terjadi ketika peserta didik tidak memiliki sikap skeptik serta kritis terhadap sesuatu hal yang baru.
  • Cyber Crime
Di dalam dunia pendidikan, pencurian dokumen atau asset penting tentang sebuah tatanan pendidikan yang dirahasiakan dapat terjadi jika sistem keamanan tidak ketat.

Komentar

Postingan Populer